Loading...
Blitar
08563613175

PROFIL SEKOLAH

Profil Sekolah

Nama Sekolah : UPT SD NEGERI SIDOMULYO 01
Jenis Sekolah : negeri
Nss : 101051521017
Npsn : 20554243
Tanggal Berdiri : 1954-06-25
Akreditasi : A
Program Jurusan :
Izin Operasional : Peraturan Bupati Blitar No 64 Tahun 2021
Luas Tanah : 3634 m2
Kurikulum : KURIKULUM MERDEKA
Jam Aktif : 07.00-14.00
Jumlah Guru Staff : 11
Jumlah Siswa : 123
Jumlah Rombel : 6
Jumlah Prestasi : 0
Slogan Sekolah :
Kepsek : ALAIL MUTTAQIN,S.Pd
Nip : 198404102006041012
Masa Kerja : 3 tahun
Izin Memimpin : 27/04/2022
Status Kepegawaian : PNS
Pendidikan Terakhir : S1

Deskripsi Sekolah

UPT SD Negeri Sidomulyo 01 adalah sebuah lembaga pendidikan dasar yang beralamat di kaki gunung kawi tepatnya di Desa Sidomulyo Kec. Selorejo Kabupaten Blitar. Dengan nilai akreditasi terakhir A UPT SD Negeri Sidomulyo 01 membuktikan sebagai salah satu sekolah terbaik di kabupaten Blitar dan khususnya di kecamatan Selorejo. Sekolah juga baru saja berpartipisasi dalam kegiatan School Religious Culture ( SRC ) tingkat kabupaten dengan memperoleh kategori UTAMA. Dengan dukungan semua stake holder UPT SD Negeri Sidomulyo 01 terus berusaha memberikan yang terbaik untuk menghasilkan out put peserta didik yang berkarakter, inovatif dan berprestasi. Adapun visi-misi UPT SD Negeri Sidomulyo 01 adalah sebagai berikut:

Visi UPT SD Negeri Sidomulyo 01

UPT SD Negeri Sidomulyo 01 mengusung visi:

 “Terwujudnya generasi pelajar muda sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berkarakter, inovatif dan berprestasi”

 Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya antara lain:

  1. Pembelajar sepanjang hayat, membentuk generasi yang memiliki motivasi untuk selalu belajar dan mengembangkan diri.
  2. Berkarakter, mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam aktualisasi
  3. Inovatif, kemampuan seluruh warga sekolah memaknai keadaan yang dinamis dan selalu berubah dengan berbagai tantangan dan hambatan menjadi sebuah celah dalam mengembangkan diri untuk menemukan solusi yang tepat, bermanfaat dan sesuai dengan keadaan masa kini dan mempersiapkan masa
  4. Berprestasi, sebagai hasil akhir dalam sebuah proses, prestasi merupakan tolak ukur sebuah proses. Prestasi tak hanya berkisar pada kemampuan kognitif dalam ajang prestatif saja namun lebih pada keberhasilan menemukan kemampuan diri, mengembangkan talenta dan kecakapan hidup yang bermanfaat.

Misi UPT SD Negeri Sidomulyo 01

Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, UPT SD Negeri Sidomulyo 01 menjabarkan misi sekolah sebagai berikut:

  1. Merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yang mampu memotivasi peserta didik untuk selalu belajar dan menemukan
  2. Membangun lingkungan sekolah yang membentuk peserta didik memiliki akhlak mulia melalui rutinitas kegiatan keagamaan dan menerapkan ajaran agama melalui cara berinteraksi di sekolah.
  3. Membangun lingkungan sekolah yang bertoleransi dalam kebhinekaan global, mencintai budaya lokal dan menjunjung nilai gotong-
  4. Mengembangkan kemandirian, nalar kritis dan kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta
  5. Mengembangkan program sekolah yang membentuk ide dan gagasan cepat tanggap terhadap perubahan yang terjadi untuk merancang
  6. Mengembangkan dan memfasilitasi peningkatan prestasi peserta didik sesuai minat dan bakatnya melalui proses pendampingan dan kerja sama dengan orang

Tujuan UPT SD Negeri Sidomulyo 01

Tujuan yang diharapkan oleh UPT SD Negeri Sidomulyo 01 dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:

  1. Mengoptimalkan sarana prasana sekolah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu
  2. Menyelenggarakan sistem penilaian dengan sistem
  3. Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan
  4. Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian
  5. Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di
  6. Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi
  7. Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah.
  8. Melaksanakan program dan pembelajaran HOTs untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas.
  9. Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan
  10. Mempertahankan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya.
  1. Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya.
  2. Sekolah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem
  3. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat
  4. Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada
  5. Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi
  6. Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya
  7. Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya.
  8. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.
  1. Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki mental pembelajar
  3. Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial dalam toleransi
  4. Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya
  5. Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta
  6. Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan
  7. Membangun budaya dan kultur sekolah yang kompetitif yang
  8. Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta